-->

Tingkatkan Literasi, Siswa Berlatih Menulis Resensi

Beberapa peserta Pelatihan Menulis Resensi Buku bersama narasumber Agus M. Irkham



EDENTS PUBLIKA,, Laju dari informasi di dunia ini luar biasa cepat dan luar biasa banyak. Mulai dari yang fakta sampai yang hoax. Lebih gawatnya lagi, Indonesia termasuk negara yang tingkat literasinya rendah, sehingga seringkali informasi yang datang, oleh masyarakat dimakan mentah-mentah.

Hal itu menjadi kekhawatiran Kepala SMK Muhammadiyah 1 Weleri, Abdul Wahid Dadong Wartomo, S.Pd.I terhadap masa depan bangsa ini. Ia mengajak siswa-siswinya untuk menjadi pribadi yang suka membaca melalui berbagai kegiatan literasi sekolah. Salah satunya kegiatan pelatihan menulis resensi buku, yang digelar Ahad, 13 Oktober 2019 kemarin.

“Kamu akan menjadi manusia yang bodoh (ed), tidak tahu apa-apa, ketika tidak pernah mencari informasi. Jangan biarkan informasi datang sendiri, kejar dan raih informasi itu. Kalo mau jadi makhluk berkualitas, membaca,” pungkasnya dalam pembukaan.

Kegiatan yang mengundang penulis sekaligus instruktur literasi asal Kabupaten Batang, Agus M. Irkham sebagai narasumber tersebut, dilaksanakan atas kerjasama Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dengan Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah 1 Weleri.

Linda Amalia, Ketua Panitia kegiatan mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti sebanyak 30 peserta tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KIR.

“Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan yang telah dilakukan KIR yaitu pelaksanaan membaca buku selama seminggu, yang dilakukan dua minggu lalu. Pekan selanjutnya kita melakukan review buku secara lisan dan pada hari ini kita berlatih menulis resensi,” terang siswi kelas XII Akuntansi tersebut.




Diharapkan, lanjut Linda, kita bisa bersama-sama berlatih menulis resensi dari sebuah buku secara baik dan benar, sesuai prosedur. Kedepannya, semoga mampu meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar, yaitu meningkatkan minat membaca buku, serta kemampuan berkarya dalam bentuk tulisan.

Rifqi Khoirul Anam


2 Responses to "Tingkatkan Literasi, Siswa Berlatih Menulis Resensi"

  1. Foto kegiatannya mana? Kok cuma foto bersama

    BalasHapus
  2. Semoga acara berkualitas ini melahirkan kader yang melek literasi, bahkan mengantarkannya menjadi penulis! Ayo adakan lagi event2 berfaedah ini😇

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel