-->

Buku Jejak Pengawas di Bumi Alas Roban



EDENTS PUBLIKA,, Pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019, merupakan pemilihan umum pertama kali sepanjang sejarah bangsa Indonesia, untuk memilih Presiden-Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota sekaligus. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), merupakan satu-satunya lembaga yang mendapat mandat untuk melakukan pengawasan pemilihan umum. Dengan tugas, wewenang dan kewajibannya, Bawaslu senantiasa berkomitmen menegakkan keadilan Pemilu dan menjaga hak pilih rakyat dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan (Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum).

Penyusunan buku ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kelembagaan Bawaslu Kabupaten Batang, baik secara struktural kepada Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, maupun kepada publik, khususnya masyarakat Kabupaten Batang yang banyak terlibat dalam pengawasan partisipatif. Buku yang penuh warna buah karya 5 (lima) Komisioner Bawaslu Kabupaten Batang yang beragam latar belakang akademik dan organisasinya, tentu saja menambah kekayaan, baik gaya bahasa maupun substansi buku.

Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak (stakeholder) yang telah mendukung kinerja Bawaslu Kabupaten Batang, sehingga tugas-tugas pengawasan bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Bawaslu Kabupaten Batang mencoba mengingat, mengumpulkan dan merangkum serba-serbi hasil pengawasan Pemilu 2019, yang mana pada akhirnya terakumulasi dalam sebuah buku sederhana namun sarat dengan makna ini.

Kami menyadari sepenuhnya, bahwa dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan ketidaksempurnaan, karena kesempurnaan hanya milik Allah Swt. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati, mohon kritik dan saran yang konstruktif, demi perbaikan penyusunan buku Bawaslu Kabupaten Batang periode selanjutnya.

Semoga buku ini bermanfaat bagi semua pihak sebagai rujukan, data dan informasi serta perbaikan-perbaikan demi proses demokratisasi yang lebih berkualitas, di Bumi Alas Roban (Kabupaten Batang).

Ketua Bawaslu Kabupaten Batang
Achmad Soeharto, S.H, M.H


Detail Buku Jejak Pengawas di Bumi Alas Roban:
Judul Buku: Jejak Pengawas di Bumi Alas Roban
Penulis: Bawaslu Kabupaten Batang
Penerbit: Media Edents Publika
Tebal:  200 hlm/Bookpaper
Ukuran Buku: 14 cm x 21 cm

ISBN: 978-602-50528-8-0

Sinopsis Buku Jejak Pengawas di Bumi Alas Roban:
Alas Roban merupakan jalur hutan di bagian timur Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Jalur ini terkenal ekstrem, terdiri dari kelokan dan tanjakan tajam. Di tempat ini, Bawaslu Kabupaten Batang melaksanakan tugas pengawasan Pemilu dengan penuh dinamika.

Riuh Pemilu 2019, meninggalkan catatan dan rekam jejak tersendiri dalam memori para pengawas, yang pada akhirnya terakumulasi dan menjelma menjadi sebuah buku sederhana ini. Bawaslu sebagai satu-satunya lembaga yang mendapat mandat melakukan pengawasan Pemilu, dengan tugas, wewenang dan kewajibannya, senantiasa berkomitmen menegakkan keadilan Pemilu dan menjaga hak pilih rakyat dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan.


Profil Penulis Buku Jejak Pengawas di Bumi Alas Roban:

Achmad Soeharto, S.H., M.H.
Saat ini mengemban amanah sebagai Ketua Bawaslu Kabupaten Batang, sekaligus Divisi Hukum, Data dan Informasi sejak 15 Agustus 2018 berdasarkan SK Nomor 0634/K.Bawaslu/HK.01.01/VIII/2018. Pria kelahiran Batang, 14 April 1972 ini pernah menjadi Dosen Fakultas Hukum Universitas Pekalongan dan aktif di Divisi Pendidikan Hukum LKBH Universitas Pekalongan. Ia tinggal di Jl. Perintis Kemerdekaan Kelurahan Watesalit Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Bisa dihubungi di 085600790549 atau surel achmadsoeharto012@gmail.com.

Luthfi Dwi Yoga, S.H.
Lahir di Madiun, 10 Februari 1985. Anggota Bawaslu Kabupaten Batang Divisi Penindakan Pelanggaran ini tinggal di Desa Sojomerto RT.01/RW.01, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang. Sebelum di Bawaslu, ia bekerja di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Kota Semarang. Ia pernah aktif di berbagai organisasi, diantaranya LSO (Lembaga Semi Otonom) Fiat Justicia Hukum Unnes, Himpunan Mahasiswa Hukum dan Kewarganegaraan Unnes, PKBH (Pusat Kajian dan Bantuan Hukum) Hukum Unnes, Pemantau Pemilihan Independ Fiat Justicia Hukum Unnes dan ISMAHI (Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia Jawa Tengah. Bisa dihubungi di 085640012291 atau surel luthfidwiyoga@gmail.com.


Mahbrur, S.Pd
Lahir di Musi Rawas, 04 September 1986. Saat ini menjabat sebagai Anggota Bawaslu Kabupaten Batang Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga. Sebelum di Bawaslu, ia pernah menjadi Pekerja (PKH) Kemensos. Ia juga pernah aktif di berbagai organisasi, diantaranya Pengurus Cabang GP-Ansor Batang, Anggota Asrendiklat Banser Jateng, Anggota Pramuka Kwarcab Batang dan Ketua PK-KNPI Kecamatan Gringsing. Beralamat di Desa Kebondalem Dukuh Kutorejo RT.04/RW.01, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Bisa dihubungi di 081578011217 atau surel mabrur1986@gmail.com.


Khikmatun, S.Pd.I
Perempuan kelahiran Batang, 21 Juli 1979 ini merupakan Anggota Bawaslu Kabupaten Batang Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia. Sebelum di Bawaslu, ia pernah menjadi guru. Ia pernah aktif di PC Fatayat NU Kabupaten Batang, PC PMII Pekalongan dan Teater Zenith STAIN Pekalongan. Beralamat di Dukuh Simbang RT 02/RW 03 Desa Keputon, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Kontak di 082124567291 atau khikma2001@gmail.com.

Akhmad Farichin, S.Ag
Anggota Bawaslu Kabupaten Batang Divisi Penyelesaian Sengketa ini lahir di Batang, 26 September 1972. Sebelum di Bawaslu Kabupaten Batang, ia pernah menjadi Staff di Bawaslu RI. Alamat rumahnya di Jalan Kali Aji No 24 RT 06/RW 02 Desa Pujut, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang. Pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pekalongan. Ia bisa dihubungi di 081288311139 atau surel rch-07@yahoo.co.id


0 Response to "Buku Jejak Pengawas di Bumi Alas Roban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel